Senin, 12 Maret 2012

Martabak Mini

Sering banget bikin martabak ini, isiannya bisa dimodifikasi sesuai selera, mau tambahin daging giling, ayam, keju, sayuran yang banyak, semuanya enak, makannya bisa pake cabe rawit, saos sambal yang dicocol atau pake cuko mantap juga hehehe
Dulu banget pernah bikin martabak yang ini tapi kulitnya setelah dingin nggak renyah lagi, jadi penasaran sama martabak yang dijualdi dekat rumah ibuku, walaupun udah dingin tetap renyah. Ternyata kuncinya harus pake margarine ya biar tetap renyah.
kalo resep kulit martabak yang satu ini aku dapet dari temen adek yang suka nerima orderan martabak, pempek, dan kue kue khas Palembang,kulitnya tetap renyah walaupun sudah dingin, isiannya juga bisa dimodif dengan tambahan bumbu kari, enaak banget.
waktu bikin untuk arisan di rumah wah langsung diserbu tuh martabak hehehe....
yang mau nyobain ini resepnya yaa...





bahan kulit :

500 gr terigu
1/2 gelas air
1/2 gelas minyak goreng
1 butir telur
50 gr margarine
garam

Bahan Isi :

300 gr kentang, rebus, kupas kulitnya, potong dadu
100 gr dada ayam, suwir-suwir
daun sup
daun bawang
bawang merah
bawang putih
merica
garam
gula pasir
bumbu kari siap pakai


cara membuat :

1. Kulit martabak

Campur air, minyak dan telur, aduk rata, tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan kalis. Bila adonan masih agak keras tambahkan air secukupnya hingga adonan lembut. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan, diamkan hingga kurang lebih 1 jam agar adonan elastis dan mudah dibentuk.

2. Isian martabak

Tumis bawang merah, bawang putih, merica hingga harum, tambahkan bumbu kari, masukkan potongan kentang, ayam, tambahkan garam dan gula pasir, tambahkan sedikit air, masukkan irisan daun sup dan daun bawang, masak hingga matang.

Lebarkan adonan kulit, beri isian, lipat bentuk amplop, goreng hingga kuning kecoklatan.

note : satu resep ini jadinya kurleb 40 biji martabak ukuran sedang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar