Jumat, 10 Desember 2010

Cake Tape Keju

Bikin cake ini karena terinspirasi dari resepnya Pak Wied Harry Apriadji, pakar kuliner sehat. Sebelumnya sering bikin juga cake tape, dari versi butter cake yang margarine dan gulanya dikocok sampe lembut sampe versi sponge cake yang telur dan gulanya dikocok sampe kental dan ujungnya lancip :-), tapi menurutku yang paling mantap yang ini, resep dari pak wied :-)
Cake tape yang dibuat dengan metode sponge cake ini teksturnya lembut membelai lidah, dengan rasa tape dan keju yang mendominasi. Rasanya juga nggak begitu manis tapi legit banget..hmmm..pokoknya mak nyusss deh..sebagai toppingnya aku kasih taburan almond slice. Waktu sedang dioven..hmmm wanginya menyebar ke seluruh penjuru rumah, perpaduan wangi tape, keju dan almond..wangiii bangett, pokoknya kudu dicobain deh. Oh ya di resep ini digunakan jus jeruk manis yang diperoleh dari perasan jeruk pontianak, boleh juga kalo mau diganti santan kental atau susu cair..whatever deh, asal dengan takaran yang sama rasanya tetap ueenaaak hehehe...
Resepnya ini dia..

Bahan A :
250 gr tape
150 ml jus jeruk manis (diperas dari jeruk pontianak)
50 ml minyak goreng
100 gr keju parut

Campur semua bahan, aduk rata, sisihkan.

Bahan B :
4 butir telur
25 gr gula pasir

Kocok bahan B hingga kental dan kaku. Campur adonan dengan bahan A, aduk rata. Tuang di loyang 22 x 22 cm (aku pake loyang tulban diameter 22 cm). Oven hingga matang.

Note : bila permukaan cake setengah mengering, taburi atasnya dengan almond slice, kemudian oven lagi hingga matang.

Selamat mencoba ya :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar